Makanan favorit saat Ramadhan ala Busui

Assalamualaikum…

Alhamdulillah masih di beri kesempatan dan kesehatan untuk bertemu dengan bulan Ramadhan tahun ini. Ternyata ramadhan tahun ini masih sama dengan 4 tahun lalu, sama-sama sedang menyusui.

Bagi sebagian orang ada yang tetap menjalankan ibadah puasa meski menyusui, tapi ada sebagian lain yang mengambil keringanan untuk tidak berpuasa karena beberapa alasan. Buat saya semua tergantung dari keadaan si ibu dan baby nya, kalau memang lemes dan khawatir asupan ASI untuk si kecil tidak tercukupi ya tidak perlu memaksakan diri. Karena Agama pun memberikan keringanan khusus untuk ibu menyusui untuk tidak berpuasa. Tapi bagi yang merasa si ibu mampu menjalankan puasa dan yakin asupan ASI si kecil tercukupi, mungkin sebaiknya coba dulu untuk berpuasa.

Saya bersyukur karena diberi kekuatan dan kesehatan selama bulan ramadhan dan menjalankan puasa meski sedang hamil dan menyusui. Oleh karena itu, saya  berusaha agar tetap fit selama puasa dengan mengonsumsi makanan maupun suplemen tambahan.

Nah, semenjak menyusui anak pertama mau ga mau saya dituntut untuk banyak mengkonsumsi sayuran agar produksi ASI melimpah. Padahal awalnya ga begitu suka makan sayur, tapi demi anak alhamdulillah akhirnya lama-lama suka beneran.

mumpung bulan Ramadhan, saya mau berbagi sedikit menu makanan favorit saat Ramadhan ala busui :

1. Tumis pare udang

Tumis pare udang pedas adalah salah satu menu favorit saya saat bulan ramadhan. Selain karena praktis dalam memasaknya, pare juga bermanfaat untuk memperbanyak produksi ASI.

Meskipun banyak yang tidak suka karena rasanya yang cenderung pahit, tapi kalau kita bisa mengolahnya rasa pahit bisa berkurang dan berubah jadi sedep.

Terbukti kalau makan tumis pare udang pedas ini biasanya porsi makan saya bertambah lho. Karena rasa pedasnya membuat rasa pahit pare jadi tersamarkan, dan jika dimakan dengan nasi putih yang masih anget dijamin nambah deh. Pokoknya cucok lah buat busui yang butuh asupan makanan ekstra selama berpuasa.

2. Tumis kangkung seafood.

Makanan favorit saat Ramadhan ala busui yang ke dua adalah tumis kangkung seafood. Kangkung kaya akan zat besi, zat yang penting untuk kebutuhan tubuh kita. Meskipun ada mitos kalau makan kangkung bisa bikin ngantuk, tapi menurut saya kok ga juga yah? . kalaupun ada yang percaya dengan mitos tersebut, berarti makan kangkung di bulan ramadhan cocok dong, kan tidur saat berpuasa itu ibadah hehehe..

Saya suka menumis kangkung dicampur dengan seafood, diantaranya udang dan cumi-cumi. Saya memilih udang untuk penyedap alami, karena saya dan keluarga tidak menggunakan penyedap yang biasa dijual dipasaran. 

Selain itu, memasak jadi lebih praktis karena sekali masak dalam satu menu sudah ada sayur dan protein hewannya. Jadi tidak butuh waktu lama untuk memasak dan tentunya lebih irit kan? Maklum saya ini pengikut Mak Irit jadi itu salah satu pertimbangan dalam memasak. 

3. Pecel.

Masakan favorit saat Ramadhan ala busui yang ke tiga adalah pecel. Telah satu menu wajib selama berpuasa memang harus ada sayurannya, karena untuk menunjang produksi ASI.

Pecel ini salah satu makanan favorit karena praktis bikinnya dan enak. Bulan ramadhan kan penting banget lah masak makanan yang praktis tapi tetep sehat. Biar tenaganya ga habis buat masak aja kan?

Biasanya pecel yang saya buat terdiri dari rebusan : kangkung, bayam, tauge, kacang panjang dan sawi sendok. Pokoknya banyakin yang hijau-hijau dan untuk bumbu sih biasanya saya beli jadi tinggal diencerin aja pake air panas. 

4. Capcay

Makanan favorit saat bulan Ramadhan Ala busui yang ke empat adalah capcay. Ini juga favorit anak-anakku sih, makannya kalau masak ini ga pedes agar mereka bisa ikut makan.

Capcay terdiri dari beberapa sayuran jadi tentunya kaya akan kandungan vitamin nya. Cocok banget kan dikonsumsi busui saat Ramadhan? Sekali hap, langsung dapet banyak vitamin. 

Memang memasaknya cepet, tapi proses motong2 sayurnya yang agak lama karena beberapa macam. Alau saya menyiasatinya memotong-motong sayuran pagi hari lalu masukkan ke tempat kedap udara dan masukkan lemari es, jadi ketika masak tinggal sreng-sreng deh.

5. Sop ayam

sop ayam ini juga merupakan makanan favorit saat ramadhan ala busui. Selain praktis dan seger jika dimakan anget-anget, sop ayam ini juga favorit anak-anak.

Seneng sih masak makanan yang jadi favorit seluruh anggota keluarga, karena tidak perlu repot memasak beberapa jenis makanan. Apalagi bulan ramadhan, pengennya masak yang praktis-praktis aja sekalian ngirit tenaga.
Nah itu dia 5 makanan favorit saat Ramadhan untuk busui ala saya. Sebenernya sih ga cuma itu, karena saya tuh doyanan apalagi kalau sedang puasa hihihi.

Tapi memang 5 makanan tersebut yang sering saya masak ketika bulan Ramadhan. Karena praktis, sehat, enak dan ngirit juga tentunya.

Buat busui selama menjalankan ibadah puasa sebaiknya lebih banyak makan sayur, buah dan minum air putih. Karena agar tubuh tetap fit dan produksi ASI melimpah.

Semoga saja ibadah kita selama ramadhan ini lancar sampai lebaran nanti.

Selamat berpuasa..

Iklan

6 thoughts on “Makanan favorit saat Ramadhan ala Busui

  1. Duh Mbak, aku salah satu yang nggak suka bahkan nggak pernah makan pare seumur hidup. Udah ogah dulu kalo denger rasanya pahit. Kalau tumis kangkung mah favorit banget. Sayang, serumah yg suka hanya aku. Hiks.

    Makasih ya Mbak sudah ikut meramaikan arisan blog kedua ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s