Liburan lebih Tenang dengan Asuransi perjalanan

IMG_20160904_043752

Galau nih, kurang piknik.. pernah ga ngerasain hal seperti itu? Saya rasa hampir setiap orang pernah yah merasa galau ketika yang lain bisa asyik menikmati liburan sementara kita masih saja sibuk dengan rutinitas. Ujung-ujungnya kepoin medsos temen yang lagi liburan, trus Cuma bisa nyiyir deh. Begitu kata mayang charisma, MC pada acara fun talk show : wujudkan liburan terbaikmu” bersama Asuransi Sun Life Financial di hotel Horison hari minggu (28/08/2016) yang lalu.

Acara ini mendatangkan dua narasumber yaitu Ir Dona Imelda seorang Lecturer, Travel Writer dan co Founder Indonesia Corners. Dan Muna sungkar seorang Blogger, traveler dan penulis yang mempunyai profesi sebagai seorang dosen. Mereka akan berbagi ilmu dan pengalaman seputar Tips dan perencanaan keuangan selama liburan.

bapak Fabi dari Sun Life

bapak Fabi dari Sun Life

Tapi sebelum nya ada sambutan dari pihak Sun Life yang diwakili oleh Ahmad Emir Farabi (fabi), yang akan menjelaskan mengenai Sun Life Finance dan mengenalkan situs Bright Advisor. Menurut Fabi, Misi dari Sun Life Financial Adalah memberikan kemapanan finansial untuk keluarga indonesia. Sun Life Financial Sendiri sudah berdiri sejak 150 tahun lalu di Kanada,dan saat ini diperdagangkan di Toronto (TSX), New York (NYSE), dan bursa saham Filipina (PSE), dengan kode saham SFL.

Sedangkan Bright Advisor adalah media tempat bertanya seputar asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan, investasi dan perencanaan keuangan. Jadi melalui situs ini siapapun bisa menanyakan apapun yang berkaitan dengan asuransi, gratis tanpa ada kewajiban harus membeli produk asuransi dari Sun Life Finansial. Bisa diakses di laman https://www.brightadvisor.co.id/

Merencanakan Liburan lebih tenang dengan Asuransi perjalanan

Pernahkan anda, sudah merencanakan liburan tapi ditengah perjalanan penerbangan batal karena cuaca buruk atau tiba-tiba anak sakit. Padahal kita sudah membeli tiket pesawat terusan atau memesan hotel jauh-jauh hari. kalo saya sih bakal nangis bombay karena sudah mengeluarkan banyak uang tapi gagal liburan. Atau sudah asyik-asyik liburan, tapi pulang-pulang bukannya pikiran fress malah stres karena tagihan kartu kredit membengkak. Amit-amit deh yah.. semoga saja kita tidak mengalaminya.

Donna Imelda

Donna Imelda

hal tersebut merupakan salah dua dari beberapa hal yang mengharuskan kita untuk merencanakan liburan dengan matang, terutama berkaitan dengan budget. Nah narasumber pertama Dona Imelda memaparkan bagaimana tips merencanakan budget, agar liburan kita lebih tenang dan menyenangkan tentunya.

Menurut dona, sebelum liburan sebaiknya kita menyaipkan dana khusus dengan mempertimbangkan berapa maksumum budget yang diperlukan. Jangan gunakan kartu kredit untuk jalan-jalan, karena jika tidak bisa mengelolanya dengan baik akan sangat berbahaya. Bisa-bisa tagihan membengkak dan kita keberatan untuk membayarnya.

Perhitungkan akomodasi, transportasi dan tempat mana saja yang akan dituju sebelum melakukan perjalanan. Karena ini berkaitan erat dengan jumlah budget yang harus kita persiapkan. Pilihkah akomodasi dan tempat liburan yang sesuai dengan budget yang kita miliki. Perhatikan juga harga tiket masuk empat-tempat wisata, jangan sampai memakan biaya lebih.

Jangan lupa perhitungkan biaya paspor (jika liburan keluar negeri), hotel dan tiket pesawat. Sebaiknya booking hotel dan tiket pesawat jauh-jauh hari untuk mendapatkan harga yang lebih efisien. Selain itu, biaya komunikasi harus diperhitungkan karena belum tentu di suatu daerah bisa dijangkau provider yang sama. Seperti yang dialami teman ketika berlibur ke copenhagen, dia sudah pesan Sim card negara sana 2 minggu sebelum perjalanan karena sim card kita ga bisa dipake disana.

Ga lengkap rasanya liburan tanpa bawa oleh-oleh yah, jadi dana buat beli oleh-oleh nya juga harus dimasukkan dalam perencanaan agar tidak over budget. Dan siapkan dana cadangan untuk jaga-jaga bila terjadi sesuatu diluar prediksi.

Satu hal yang tidak kalah pentinya jika kita akan liburan yaitu Asuransi Perjalanan, karena kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi nanti. Misalkan terjadi kecelakaan, sakit saat traveling atau pembatalan penerbangan karena cuaca maupun bencana. Nah dengan Asuransi inilah yang membantu kita mengatasi masalah keuangan maupun kerugian yang disebabkan oleh masala-masalah tersebut.

Akan tetapi sampai dengan saat ini banyak diantara kita yang malas mengurus Asuransi perjalanan dengan berbagai alasan. Diantaranya : karena tidak tahu ada dan keuntungan dari asuransi perjalanan. Tidak mau repot mengurus pengajuan asuransinya dan menganggap klaim nya susah. Tapi saya rasa bila sudah tau bagaimana keuntungan jika kita menggunakan Asuransi perjalanan saya rasa semua itu bisa di konfirmasikan kepada pihak asuransi.

Besarnya asuransi tergantung tempat tujuan perjalanan nya, beda tempat beda juga besarnya. Misal dibandingkan dengan di dalam negeri, tujuan perjalanan ke luar negeri tentu membutuhkan Asuransi dengan biaya yang lebih besar. Dua hal yang sering membuat kerugian saat perjalanan batal adalah tiket pesawat dan akomodasi (hotel). Oleh karena itu jika tujuan perjalanan kita jauh dan sudah direncanakan, disarankan menggunakan Asuransi untuk meminimalisir kerugian jika terjadi pembatalan. Sebaiknya Asuransi harus sudah dipegang ketika tiket sudah ditangan dan akomodasi sudah diatur.
Jika tujuan kita keluar negeri, pertimbangkan apakah asuransi tersebut mempunyai jaringan internasional? Hal ini sangat penting. Jangan sampai kita pakai asuransi lokal tapi perjalanan keluar negeri dan tidak bisa di klaim ketika terjadi suatu masalah, duh rugi bandar dong..

Perencanaan liburan ala Mom Traveler.

Hidup terus berjalan, umur kian bertambah dan setiap hari kita disibukkan dengan kerjaan dan rutinitas. Kita juga butuh quality time bersama keluarga. Belum lagi anak-anak sudah mulai tumbuh besar dan makin susah diajak pergi bersama orang tuanya karena lebih memilih pergi bersama teman, Atau lebih asyik bermain gadget di rumah. Semua itu adalah alasan mengapa kita harus liburan, dan jangan terlalu lama menundanya. Jangan sampai kita menyesal tidak liburan hanya karena alasan masih memiliki anak kecil. Aduh itu sih gue banget..

Mom Traveler

Mom Traveler

Begitulah pesan muna sungkar yang dikenal sebagi mom treveler, menyadarkan saya yang sudah menunda beberapa kali rencana liburan karena alasan ga mau rempong masih punya bayi. Ketika sibayi sudah tumbuh menjadi batita, eh alhamdulillah lahir lagi bayi kedua. Lha terus kapan dong liburannya kalo gitu? Heuheu…

Karena materinya pas banget nih kaya kasus yang saya alami, jadi ga mau deh melewatkan sharing dari Muna Sungkar dengan harapan bisa segera merealisakikan liburan yang lama tertunda. Point penting sebelum merencanakan liburan ala Mom Treveler antara lain:

1. Tentukan tanggal libur anak ( buat yang sudah sekolah), sesuaikan dengan cuti ( bagi yang orang tuanya bekerja) dan diskusikan baik-baik dengan keluarga.
2. Pastikan budget dari awal, kalau bisa ada satpam keuangan yang siap nyemprit kalau pengeluaran keltika liburan over budget.
3. Tentukan dulu mau liburan ala backpacking atau pakai agent. Karena ini berkaitan dengan besarnya budget, akomodasi dan juga tujuan wisata yang akan kita kunjungi.
4. Manfaatkan asuransi perjalanan.

Tips ngrirt budget dari Muna, issued tiket jauh-jauh hari, nabung dan lakukan pembayaran 2-3 nulan sebelumnya agar bisa mendapatkan harga cantik.

Untuk familily trip dan membawa anak, jangan terlalu saklek tapi dibawa fun aja. Karena mood anak suka berubah-ubah, dan jika mereka sudah tantrum akan mempengaruhi mood orang tuanya. Jangan sampai sudah jauh-jauh hari merencanakan liburan agar sampai sana malah Cuma berantem sama anak, ga seru kan?.

Jika berlibur tanpa anak dalam satu hari bisa 4-5 tempat kita kunjungi, tapi jika membawa anak Kita juga perlu memikirkan kondisi mereka. Jika sudah terlihat kecapaen padahal hari itu baru 3 tempat, maka stop. Kasian juga kan, kalo mereka kecapean, bisa-bisa un mood trus ujung-ujungnya tantrum bahkan sakit.

banyuwong rafting banjarnegara

banyuwong rafting banjarnegara

Pilih juga tempat berlibur yang ramah anak, dan anak-anak bisa menikmatinya. Pengalaman saya ketika berlibur ke banjarnegara untuk rafting di sungai serayu, terpaksa saya dan anak tidak bisa ikut rafting. Karena saat itu anak pertama baru berusia 1,5 tahun dan harus selalu bersama ibunya, jadilah hanya suami saja yang bisa rafting. Sayang banget deh, suami rafting saya dan anak Cuma bisa nonton aja huhuhu…

Ketika akan berlibur, packing merupakan hal yang penting. Jika membawa anak, ajak serta mereka untuk menyiapkan keperluannya sendiri yang akan dibawa berlibur nanti. Hal ini akan membuat mereka happy dan belajar mandiri.

Sebaiknya scan dokumen pribadi seperti pasport, visa, KTP, maupun tiket pesawat terusan. Kemudian email ke email pribadi kita. Hal ini untuk jaga-jaga jika ada hal yang tidak kita inginkan terjadi, misalkan hisal saat kita masih liburan.

Sebaiknya simpan uang secara terpisah jangan di jadikan satu pada pada satu tempat saja. Misalnya bagi bersama pasanga atau di simpan dalam tas yang lain. Ini untuk jaga-jaga jika kita kecopetan atau kehilangan dompet/tas, maka kita masih punya cadangan uang yang lain. Selain itu bawa fress money secukupnya.

bawa mainan selama perjalanan biar anak ga bosen

bawa mainan selama perjalanan biar anak ga bosen

Bawalah obat-obatan pribadi, apalagi jika berlibur bersama anak . karena belum tentu kita bisa menemukan obat yang biasa mereka konsumsi di daerah tertentu atau terserang demam tengah malam. Jangan lupa mainan kesukaannya misalkan krayon atau buku bacaan agar mereka tidak bosan selama perjalanan, terutama perjalanan yang memakan waktu lama.

Selama berlibur komunikasi antara suami-istri harus tetap terjaga, diskusikan jika ada masalah. Seperti pengalaman saya waktu berlibur Sudah berencana menginap di hotel, tapi ketika sampai ditujuan suami bertemu teman lama dan ditawari menginap disana. Tanpa diskusi dahulu suami mengiyakan, padahal saya kurang setuju karena merasa lebih nyaman jika di hotel. Jadilah liburan kita saat itu kurang happy, dan tidak bisa menikmati. Padahal sebenarnya hikmah dari liburan ini bisa mendekatkan hubungan baik antar suami-istri juga denga anak-anak.

Bagaimana, sudahkan anda merencanakan liburan bersama keluarga untuk akhir tahun ini? Jangan lupa rencanakan matang-matang dan terapkan tips dari donna dan muna. Bila perlu daftarkan asuransi perjalanan, agar liburan kita lebih nyaman dan tenang dengan asuransi perjalanan. Dan bagi yang ingin mengetahui informasi mengenai seputar asuransi bisa di klik https://www.brightadvisor.co.id/.

4 thoughts on “Liburan lebih Tenang dengan Asuransi perjalanan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s