Penuntasan Modernisasi Jaringan XL Di Jateng dan DIY

IIDN

Senin 16 Desember 2013 kemarin menjadi senin yang tidak biasanya. Ya ini kali pertama saya mengajak putri saya Ameera ( 4 bln) untuk pergi menggunakan sepeda motor bersama tantenya, Nurul.
Memberanikan diri karena semangat ingin KOPDAR bareng teman-teman Komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN) Semarang di acara “ Network Drive Test and Closing ceremony central Java Radio Modernization project” yang diselenggarakan oleh XL.


Absen Sebelum masuk

Saya mendapatkan undangan dari seorang teman komunitas IIDN untuk mewakili komunitas blogger Semarang. Tepat pada pukul 08.00 WIB saya sampai di tempat acara yang diadakan di Gumaya Tower Hotel, langsung disambut dengan ramah oleh panitia acara. Acara ini dihadiri oleh awak media dan komunitas blogger Semarang
Acara baru dimulai sekitar pukul 09.00 WIB dan langsung dilanjutkan dengan test drive keliling kota semarang dengan rute Bunderan Simpang lima, Bunderan Tugu Muda, Stasiun Kereta Tawang, Gereja Bleduk, Kantor Pos Besar Indonesia dan kembali Ke Gumaya Tower Hotel. Peserta dibagi dalam dua bus, yang pertama untuk para awak media dan bus yang kedua untuk Blogger.

dalam bus blogger

Test drive kali ini untuk uji jaringan XL pasca modernisasi dibandingkan dengan operator lain. Sepanjang perjalanan ternyata jaringan XL jauh lebih stabil baik yang berbasis 2G maupun 3G. Hal itu terlihat dari monitor layar TV yang selalu menunjukkan garis berwarna hijau dan video Youtube yang mulus tanpa Buffering. selain itu bisa dilihat dari perangkat iPhone 4 yang sudah diinstal yang dapat mengukur kejernihan jaringan XL.

iPhone 4

Dalam test Drive tersebut bus Blogger dipandu oleh dua teknisi dari Ericsson pak Bimbi dan Pak Taufik untuk menjelaskan mengenai modernisasi jaringan. Pada modernisasi Jaringan ini diterapkan teknologi penggabungan beberapa perangkat RBS menjadi satu atau dikenal dengan istilah “Single RAN”. Keuntungan penerapan teknologi ini adalah hemat listrik hingga 70%, penggunaan ruangan yang semakin kecil serta pengoperasiannya semakin mudah.

Pak Bimbi

Sebenarnya Bimbi menjelaskan secara detail, lengkap dengan bahasa yang sangat teknis, tapi berhubung sambil bawa baby jadi tidak sempat mencatatnya dengan detail. Selain penjelasan mengenai modernisasi yang dilakukan terhadap jaringan XL, juga diadakan sesi Tanya jawab.

Setelah Test Drive Selesai, acara dilanjutkan dengan syukuran yang dihadiri oleh Vice President Project Management Officer XL, Agus Simorangkir, Vice President XL Central Region, Nuruddin Al Fitroh dan perwakilan pelaksana proyek yaitu Head Of Customer Operation Ericsson Indonesia, Erwin Kuriawan. Dijelaskan oleh Agus Simorangkir bahwa modernisasi jaringan XL di Jawa Tengah dan DIY dikerjakan sejak April 2013 yang lalu. Proses ini berupa perbaikan desain, penggantian perangkat, penalaan dan optimisasi.

potong tumpeng

Sebagai tanda selesainya proyek Modernisasi jaringan ini Acara ditutup dengan pemotongan tumpeng dan Doa bersama, Serta penyerahan bantuan kepada Panti Asuhan.

bersama anak yatim
Alhamdulillah, acara berjalan lancar dan Ameera pun tidak rewel. Semoga dengan
modernisasi ini jaringan XL lebih stabil dan tetap menjadi yang terdepan.

2 thoughts on “Penuntasan Modernisasi Jaringan XL Di Jateng dan DIY

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s