RESEP SAMBEL TUMPANG


Subhanallah, itulah kata yang selalu aku ucap setiap kali belajar tentang cara kerja otak. Apapun yang kita alami dan lakukan di masa lalu akan menjadi data di otak dan data tersebut tidak akan hilang sebelum digantikan dengan data yang baru.

Ternyata hal itu juga berlaku untuk selera dan makanan kesukaan lho. Buktinya suamiku, makanan favoritnya dari kecil adalah pecel tempe. Makanan khas jepara yang sebelumnya belum pernah aku dengar ( maklum aku dari tegal) apalagi ngrasain. Setiap kali pulang kampung, ibu mertua pasti selalu membuatkan masakan kesukaan anaknya tersebut.

Beda daerah beda selera, itu jelas banget. Pertama kali aku mencoba pecel tempe, rasanya ga karuan dan aneh. Akan tetapi karena menghormati ibu mertua maka terpaksa aku makan saja. Sampainya di semarang suamiku meminta aku untuk membuatkan pecel tempe seperti ibunya, kaget dan bingung karna tidak tahu resepnya. Karena malu untuk Tanya ke ibu mertua, maka aku berinisiatif bertanya kepada adik ipar yang kebetulan juga dari jepara.

Karena resep pecel tempe yang biasa ibu mertua buat aku kurang sesuai dengan seleraku, maka aku coba modifikasi sendiri. Dan hasilnya alhamdulillah suamiku suka dan aku juga suka, Walaupun sedikit berbeda dengan rasa aslinya. Dan mulai saat itu seminggu sekali aku agendakan untuk membuat pecel tempe dengan resepku sendiri yang aku beri nama “tempe ga jelas” untuk mengobati rasa rindu suamiku akan kampungnya.

Beberapa waktu yang lalu aku dan suami berlibur ke tawangmangu solo dan di sana ada satu makanan khas yang bernama sambel tumpang. Setelah di coba ternyata rasanya sama dengan “ tempe ga jelas” yang aku buat di rumah. Buat bunda – bunda yang ingin coba berikut aku bagi resepnya:

Sambal Tumpang


Bahan-bahan :

300 gr tempe semangit ( tempe yang sudah menginap 1-2 hari)

1 lbr  daun salam

2 cm lengkuas

3 lbr daun jeruk

600 ml santan

Bumbu halus:

4 buah cabai merah keriting, dikukus

3 buah cabai rawit merah, di kukus

2 siung bawang putih, di kukus

4 butir bawang merah, di kukus

2 cm kencur

1 sdt terasi di baker

½ sdt garam

Gula merah secukupnya

Cara Membuat:

–          Tempe di bakar sambil di bolak-balik sampai harum ( boleh juga di kukus)

–          Haluskan tempe tersebut dengan garpusampai halus

–          Rebus santan, daun salam, lengkuas, daun jeruk, bumbu halus dan tempe sambil di aduk sampai matang dan kental

Bagaimana bunda, cukup mudahkan? Selain enak dan tentunya bergizi karena kaya protein nabati. Sambal tumpang juga bisa dijadikan alternative ketika kita mempunyai tempe yang sudah menginap 1 – 2 hari. Selamat , mencoba dan semoga keluarga juga suka.

2 thoughts on “RESEP SAMBEL TUMPANG

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s