Bubur sumsum gurih dan lembut

image

Siang bolong pulang dari bermain bersama teman, amira merengek minta di buatkan bubur sumsum. Tumben banget? Padahal kemarin sepulang dari belanja di pasar saya belikan tapi ga dimakan, ga enak katanya. Takut capek-capek bikin tapi ga dimakan, maka tak rayu besok saja dibelikan di pasar lagi. Tapi ternyata amira keukeuh minta ibu yang buatin bubur nya, padahal jujur saya belum pernah bikin bubur sumsum sendiri.
Setelah dipikir ya sudahlah, itung-itung belajar siapa tau bisa jadi makanan selingan favorit.
Liat bahan-bahan di dapur alhamdulillah semua ada. Langsung deh searching resep di cookpad n eksekusi di bantuin amira yang mengayak dan mengaduk-aduk tepung nya. Karena memang amira suka sekali eksplore di dapur sama ibu nya.
Berikut saya resep bubur sumsum gurih dan lembut ala ibu mia:

Bahan :
10 sdm tepung beras, ayak.
1 liter santan kental.
3 lembar daun pandan.
1 sdm garam

Saus kinca:
200gr gula merah
3 sdm gula pasir
Air secukupnya
1 sdm maizena ( optional jika mau kuah lebih kental)

Cara membuat:
– bagi santan menjadi 2 bagian, sebagian dicampur dengan tepung lalu aduk hingga tidak ada yang bergerindil.
– rebus sebagian santan yang tadi dengan daun pandan dan garam.
– setelah santan panas, masukkan adonan santan dan tepung kedalam panci sambil terus diaduk-aduk dengan api kecil agar tidak gosong.
– masak hingga kental dan berat ketika di aduk, perhatikan juga sampai bubur meletup-letup kecil. Itu tandanya bubur sudah matang, Matikan api.
– saus kinca: rebus air bersama gula merah, gula pasir dan pandan.  Masak hingga gula larut. Jika ingin lebih kental masukkan maizena, aduk-aduk sebentar lalu matikan api.
– siram saus kinca di atas bubur ketika akan di sajikan, dan bubur sumsum gurih dan lembut siap di santap.

Bagaimana, mudah bukan? Selamat mencoba yah. Alhamdulillah amira dan tantenya suka..
Tekstur buburnya lembut banget dan rasanya gurih karna santannya pas, jadi dimakan tanpa saus kinca pun sudah enak. Buat adek nabila cocok yang tanpa saus kinca ini karna dia suka gurih. Kalau si kaka suka kuah kinca yang agak banyakan. Enak nya kalau masak sendiri ya, bisa menyesuaikan selera dua anak yang beda-beda.

Resep Bolu Nutrijel Coklat

image

Akhir-akhir ini di time line Facebook saya berseliweran berbagai resep kue yang kalo dilihat gambarnya sih enak dan pengen bikin juga di rumah. Tapi berhubung saya tidak memiliki alat tempur per baking an yang lengkap, maka saya pilih resep yang bahan dan alatnya terjangkau.
Ketika beberes dapur, ternyata nemu nutrijel coklat dan ingat beberapa waktu yang lalu pernah share (simpen) resep bolu nutrijel coklat di Time Line FB. Begitu baca resep dan cek stok bahan bahan di rumah ternyata semua ada, dan langsung eksekusi deh.
Berikut saya share resep nya :

RESEP BOLU NUTRIJELL COKLAT

Bahan :
1 bungkus nutrijell jelly powder coklat ukuran kecil.
1 butir telur
7 sdm tepung terigu (saya pakai tepung cakra)
5-6 sdm gula pasir
1 sachet susu kental manis coklat dilarutkan dengan 7 sdm air
1/2 sdt soda kue
1/2 sdt vanili
1 set pasta coklat
3 sdm minyak sayur

( tepung, soda kue dan vanili di ayak dulu).

Cara Membuat:
Panaskan panci kukusan
Tutup panci kukusan dilapisi kain serbet ( tujuannya agar air uap tidak menetes ke adonan)
Olesi loyang dengan minyak.
Aduk telur dan gula ( menggunakan garpu atau whisk) sampai gula larut dan telur berbuih.
Masukkan terigu, soda kue dan vanili yang sudah diayak dan juga nutrijell.
Masukkan larutan susu coklat dan pasta coklat.
Aduk sampai semua tercampur rata sampai tidak ada yang bergerindil
Lalu masukkan minyak.
Aduk sampai minyak tercampur dengan adonan.
Masukkan adonan ke dalam loyang, lalu kukus selama 20 menit.
Lakukan tes tusuk bila perlu.
Angkat dan sajikan.

Bagaimana resep bolu nutrijell coklat membuatnya mudah bukan? Rasanya menurut saya sih enak, ga terlalu manis jadi ngga eneg. Teksturnya juga empuk dan mengembang sempurna meski tanpa mixer. Oya, saya pakai cetakan agar-agar waktu mengukus adonan karena belum punya loyang 😀.

Selamat mencoba.

Resep dari group FB hoby kuliner.

Mengapa Saya kembali menulis di blog?

img_20161028_0201211

Sebenarnya saya masih ragu menamakan diri sebagai seorang blogger, karena update tulisan pun masih angot-angotan alias belum bisa konsisten. Dengan alasan punya krucil, manajemen waktu yang kurang baik, hingga harus meluangkan waktu di tengah malam karena nunggu krucil tidur (kalo ga ikut ketiduran hihihi..) dan nebeng laptop suami meski sering buat lembur kerjaan juga. Dari semua alasan tersebut menurut saya alasan utamanya adalah belum serius ingin terjun sebagai blogger, karena ternyata banyak juga ibu-ibu kok yang punya krucil tapi sangat produktif dan aktif nulis di blog. Ah memang saya ini blogger angot-angotan…

Sebenernya saya sudah suka nulis sejak smp, meskipun baru sebatas nulis diary dan cerpen yang semua isinya curcolan masa remaja. Sampai akhirnya semasa SMA berhenti menulis karena trauma Diary saya dibajak dan dibaca oleh hampir semua penghuni pesantren tempat saya mondok saat itu. Peristiwa itu benar-benar menjadi trauma tersendiri buat saya untuk nulis diary ataupun cerpen, padahal buat saya menulis adalah salah satu cara mengurangi beban masalah ataupun sebagai terapi jiwa.
Lanjut Membaca

Tips kulit Cantik dan sehat luar dalam, dan personal branding di event Beauty Talk show with natur E

blogger gandjel rel

Setiap wanita pasti ingin sekali terlihat cantik dan berpenampilan menarik, bagaimana dengan anda?. Kalau saya sih iya, karna disamping menambah kepercayaan diri juga membahagiakan suami. Membuat suami bahagia itu ibadah lho.. ya minimal biar suami Pede kalo ngajak kita kondangan hihihi…

Belum lagi setiap hari kita dibombardir dengan iklan di televisi yang menawarkan berbagai produk kecantikan bagi wanita, Mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki. Jadilah kita para wanita berlomba-lomba melakukan berbagai cara agar bisa tampil cantik, Termasuk saya.

Sebenernya apa sih indikator cantik itu? Kalau menurut pengamatan saya melihat dari banyaknya produk yang diiklankan di televisi. Wanita itu cantik identik dengan : kulit wajah putih, bebas jerawat, bebas kerutan, bebas flek hitam, kulit tubuh halus, rambut lurus hitam dan panjang, tubuh langsing.
Lanjut Membaca

Yang Baru dari Starbuck Cooffee Paragon Mall

img20160910083131

Siapa yang suka kopi? Saya rasa sebagian dari kita terutama laki-laki suka minum kopi. Eh engga Cuma laki-laki sih, banyak juga kok perempuan yang suka ngopi termasuk saya. Sebenarnya saya bukan pecinta kopi beneran, suka minum kopi baru semasa masih kuliah dulu. Itu juga karena terpaksa demi menghilangkan kantuk saat lembur buat tugas atau bikin skripsi. Kopinya juga kopi sachet yang biasa dijual diwarung-warung.

Lho kok terpaksa? Iya karena sebenarnya lambung saya kurang kuat menerima kopi. Kalau abis minum kopi perut jadi mules, mungkin ini karna memang saya punya maag. Bahkan kadang kopi ini saya jadikan obat pencahar, dijamin ga lama setelah minum kopi langsung deh pengen ke belakang hahaha… jadi kalau ga butuh dan harus minum kopi saya ga berani deh minum kopi.
Lanjut Membaca

Ngobrol Bareng Blogger Semarang tentang Food Enthusiast dan Sakuku BCA

doc. pribadi

doc. pribadi

Tanggal 31 Agustus 2016 kemarin member Blogger Perempuan dan blogger semarang lainnya mendapat undangan dari BCA (Bank Central Asia) untuk menghadiri acara ngobrol bareng blogger semarang di Nestcology.

Pembicara pertama yaitu Nuno Orange, seorang penyiar, music director dan juga food blogger. Dia juga seorang food enthusiast, merupakan sebuah hobi yang dibayar. Yaitu orang yang suka makan, mencoba makanan di tempat baru, kemudian mengunggah testimoninya di media sosial. Food enthusiast ini sekarang jadi profesi yang sedang naik daun lho, sudah banyak resto yang memanfaatkan mereka sebagai agen profesi mempromosikan makanan yang mereka sajikan. Caranya dengan mengundang mereka untuk mencoba menu-menu baru di resto tersebut, kemudian memberikan testimoni dan foto-fotonya dengan mengunggah di media sosial. Asyik yah, makan menu baru gratis, jadi terkenal dan bahkan di bayar.

doc. pribadi

doc. pribadi

Pantas saja nuno orange punya prinsip tersendiri “makan gendut, ga makan lemes” jadi biar gendut tetep wajib makan yah hehehe. Oya untuk jadi food enthusiast juga perlu keluar modal lho, meskipun ga harus makan di tempat mahal. Misalnya testimoni makanan di warung yang makanannya enak dan rame pengunjung, atau makan di resto bareng temen-temen dan memesan menu yang berbeda. Jadi sekali datang tapi kita bisa update beberapa makanan di sosmed, ngirit kan?.

Baca lebih lanjut

Liburan lebih Tenang dengan Asuransi perjalanan

IMG_20160904_043752

Galau nih, kurang piknik.. pernah ga ngerasain hal seperti itu? Saya rasa hampir setiap orang pernah yah merasa galau ketika yang lain bisa asyik menikmati liburan sementara kita masih saja sibuk dengan rutinitas. Ujung-ujungnya kepoin medsos temen yang lagi liburan, trus Cuma bisa nyiyir deh. Begitu kata mayang charisma, MC pada acara fun talk show : wujudkan liburan terbaikmu” bersama Asuransi Sun Life Financial di hotel Horison hari minggu (28/08/2016) yang lalu.

Acara ini mendatangkan dua narasumber yaitu Ir Dona Imelda seorang Lecturer, Travel Writer dan co Founder Indonesia Corners. Dan Muna sungkar seorang Blogger, traveler dan penulis yang mempunyai profesi sebagai seorang dosen. Mereka akan berbagi ilmu dan pengalaman seputar Tips dan perencanaan keuangan selama liburan.
Lanjut Membaca